24 Destinasi Wisata Terbagus dan Menarik di Kota Banyuwangi 2020

Wisata Terbagus di Kota Banyuwangi – Begitu banyak sekali destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi di Indonesia ini. Namun terkadang, kendala jarak dan faktor yang lain membuat kamu kesulitan untuk berkunjung ke tempat destinasi wisata yang kamu impikan.

Jangan sedih, untuk kamu yang tinggal di daerah Provinsi Jawa Timur kamu tidak usah pusing lagi untuk menghabiskan hari liburmu. Untuk kebanyakan orang berlibur saat musim liburan memiliki keasyikan tersendiri.

Nah kamu bisa mengunjungi nih beberapa destinasi wisata di Kota Banyuwangi yang begitu keren dikarenakan destinasi wisatanyanya yang beragam dan menakjubkan. Bahkan salah satu Menteri RI pernah mengunjungi salah satu destinasi wisata di bawah ini.

Apalagi kalau kamu orang Banyuwangi asli wajib banget untuk tahu destinasi wisata apa aja yang ada di Kota Banyuwangi, agar nanti kamu bisa menentukan pilihan untuk berlibur kemana saja mumpung saat musim liburan tiba.

Inilah 24 Destinasi Wisata Terbaik dan Menarik di Kota Banyuwangi 2020

  1. Kawah Ijen

kawah ijen malang, kawah ijen malam hari, kawah ijen blue fire

Kamu mungkin penasaran? kenapa admin menempatkan destinasi Kawah Ijen dalam urutan pertama ? Karena admin suka sekali melihat destinasi wisata yang satu ini. Walaupun admin sendiri belum pernah mengungjungi destinasi wisata ini.

Tetapi, saat pertama melihat fotonya admin langsung jatuh cinta pada destinasi wisata yang satu ini. Karena, keindahan Api Biru yang menjadikan daya tarik destinasi wisata yang satu ini membuat banyak orang tidak cuman admin saja menyukai destinasi wisata ini.

Salah satu Menteri RI Indonesia pernah mengunjungi destinasi wisata ini loh … Memang wajar saja banyak orang tertarik akan pemandangan Api Biru di Kawah Ijen, Hal ini dikarenakan di dunia sendiri hanya ada 2 tempat wisata yang mempunyai wisata api biru.

Blue Fire menjadi sebuah daya tarik dari wisata Kawah Ijen. Namun tidak setiap wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini dapat melihat pemandangan Blue Fire ini. Perlu kamu tahu Blue Fire merupakan pemandangan yang muncul dari belereang di Kawah Ijen.

Untuk kamu yang bener-bener kebelet banget pengen lihat kayak gimana sih pemandangan Blue Fire di Kawah Ijen itu. Kamu dapat melihat pemandangan Blue Fire hanya pada waktu malam hari saja. Disaat langit sudah gelap berkisar malam hari sampai waktu subuh.

Kamu dapat melihat pemandangan indah nan menakjubkan Blue Fire di Kawah Ijen. Karena saat langit sudah gelap akan terlihat sangat jelas kilauan cahaya Blue Fire bersinar, hal tersebut tidak akan kalah jelasnya saat kamu melihat cahaya matahari.

Hal lainnya yang tidak kalah menarik dari Blue Fire, kamu dapat melihat pemandangan yang indah air di dalam kawah yang memiliki kemiripan dengan destinasi wisata Kawah Putih, Ciwidey, Bandung. Dengan nuansa memiliki warna tosca yang dihiasi dengan pinggiran tepi tebing yang berwarna putih.

Jangan lupa juga untuk kamu yang menginap jangan lewatkan pemandangan indah sunrise yang bisa kamu buru saat menjelang pagi.

Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum berkunjung ke destinasi wilayah yang satu ini ya. Karena destinasi wisata yang satu in termasuk pegunungan maka tentu cuaca di sekitar pegunungan akan terasa dingin. Dengan suhu yang bisa menyentuh angka 2 derajat celcius.

Untuk kamu wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi ini perlu memakai pakaian yang cukup tebal. Untuk informasi harga tiket masuknya simak informasi harga tiket masuk ke Kawah Ijen di bawah ini ya :

Wisatawan Domestik Hari Biasa : Rp 5.000        Weekend : Rp 7.500

Wisatawan Mancanegara Hari Biasa : Rp 100.000   Weekend : Rp 150.000

Sekedar info juga jika wisatawan ingin melakukan pengambilan sebuah gambar untuk keperluan komersil akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.000. Setelah kamu puas melihat pemandangan menakjubkan Blue Fire di Kawah Ijen, mungkin rasanya belum puas bagi kamu jika hanya mengunjungi satu destinasi wisata saja. Sedangkan, hari libur masih sangat panjang. Kamu juga bisa mencoba untuk mengunjung beberapa destinasi yang terdapat disekitar wilayah Kawah Ijen.

Berikut beberapa destinasi wisata lain di sekitar Kawah Ijen :

  1. Kawah Wurung

wisata bondowoso Kawah Wurung

Kamu yang pernah menonton serial kartun teletubis di channel televisi nasional indonesia zaman dulu. Seringkali di acara kartun tersebut selalu ditampilkan pada awal permulaan filmnya sebuah bukit hijau yang luas nan indah.

Mungkin adakah dibenak pikiranmu ada atau tidak bukit seperti itu ? Nah ternyata ada lho bukit hijau luas yang mirip di serial kartun teletubis tersebut. Tepatnya ada pada destinasi wisata Kawah Wurung ini.

Kawah Wurung ini juga masih terletak di Kabupaten Bondowoso, dengan jarak yang tidak terlalu jauh hanya 4 KM saja dari wisata Kawah Ijen. Di wisata Kawah Wurung ini ada bukit yang diberi nama bukit cinta, dari atas bukit inilah setiap wisatawan yang berkunjung ke wisata ini dapat memperoleh keindahan dengan melihat Kawah Wurung dari atas sini.

Bukit disekitar wilayah ini akan tampak berbeda warnanya tergantung dari musim apa yang sedang terjadi saat kamu berkunjung ke wisata ini. Pada musim kemarau warna rumput pada bukit akan cenderung terlihat kekuningan, namun jika kamu berkunjung pada saat musim hujan rumput pada bukit akan terlihat begitu hijau.

Untuk harga tiket jika kamu ingin berkunjung ke wisata Kawah Wurung tidaklah mahal, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000 saja. Cukup murah bukan ? untuk melihat pemandangan bukit hijau yang indah seperti bukit yang ada di kartun teletubis.

  1. Kawah Bulan Sabit

 kawah bulan sabit kabupaten banyuwangi jawa timur
Foto : ankaranarenva,wordpress,com
kawah bulan sabit kabupaten banyuwangi jawa timur
Foto : ankaranarenva.wordpress.com

Selain wisata Kawah Ijen dan Kawah Wurung ada satu lagi destinasi wisata kawah yang dapat kamu kunjungi. Wisata kawah yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang suka mendaki gunung.

Kawah Bulan Sabit memiliki ketinggian yang berada pada 2.800 Mdpl. Mengapa dinamakan Kawah Bulan Sabit ? Karena terdapat pada tengah-tengah kawahnya sebuah gundukan yang mirip seperti bulan sabit.

Pada saat kamu sudah berada di puncak Kawah Bulan Sabit ini kamu dapat menikmati pemandangan Kota Banyuwangi yang menarik, serta keindahan Gunung Raung yang terlihat gagah jika dilihat dari atas Kawah Bulan Sabit ini.

  1. Wisata Pemandian Air Panas Blawan

Wisata Pemandian Air Panas Blawan
Foto : Chuk Sathu / detikcom

Rasa lelah tentu akan kamu dapatkan setelah mengunjungi beberapa destinasi wisata di atas. Mungkin dengan berendam di pemandian air panas akan sejenak melepas rasa lelahmu dan membuat tubuhmu terasa segar kembali.

Kamu akan menemui lokasi Pemandian Air Panas disekitar wilayah Kawah Ijen, jangan lupa untuk kamu mengunjunginya ya.

  1. Air Terjun Blawan

air terjun blawan bondowoso, blawan waterfall, air terjun bondowoso
foto: explorewisata.com

Setelah mengalami lelahnya mendaki lalu mengisi kembali stamina kamu yang terkuras dengan berendam di pemandian air panas. Jika kamu sudah siap untuk mengunjungi destinasi wisata yang lain.

Rasanya kamu perlu mengunjungi destinasi wisata Air Terjun Blawan. Air Terjun Blawan ternyata memiliki 1 lokasi berbarengan dengan pemandian air panas yang berlokasi di desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kota Bondowoso.

Air Terjun ini memiliki sumber air dari Kawah Ijen yang tentu memiliki kandungan belerang yang tinggi. Di lokasi ini juga kamu sebagai wisatawan dapat menjumpai Tumbuhan Makadamia.

  1. Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo, sejarah perkebunan kalibendo, tiket masuk agrowisata kalibendo
foto: labirutour.com

Air terjun Kalibendo yang memiliki jalan satu arah dengan Kawah Ijen tentu tidak cukup jauh jika kamu ingin mengunjunginya. Air Terjun Kalibendo ini memiliki ketinggian berkisar 10 meter, dan berlokasi di Desa Kampung Anyar.

Air terjun Kalibendo termasuk dalam kawasan Agro Wisata Kali Bendo yang berada di lokasi kaki Gunung Ijen. Untuk kamu yang mau berkunjung ke Air Terjun Kalibendo ini, saat diperjalanan nanti kamu akan disuguhkan oleh berbagai pemandangan yang sangat asri serta alami saat menuju ke tempat wisata ini.

Seperti pemandangan kebun cengkeh, kebun kopi, kebun karet, serta nuansa pedesaan yang berkesan asri. Wisata yang satu ini cocok banget untuk kamu yang memiliki rasa dan jiwa petualang yang tangguh.

  1. Air Terjun Kampung Anyar

Air Terjun Kampung Anyar, air terjun kembar banyuwangi, wisata banyuwangi
foto: ihategreenjello.com

Untuk kamu yang ingin berendam sambil menikmati pemandangan air terjun yang sejuk. Air Terjun Kampung Anyar cocok untuk kamu kunjungi. Kesegaran udara yang berada di lokasi air terjun ini terasa begitu menyejukkan.

Apalagi kamu akan disuguhkan tidak hanya dengan satu ait terjun saja, kamu akan disuguhkan oleh tiga air terjun sekaligus. Menariknya sumber air pada Air Terjun Kampung Anyar ini bukanlah dari aliran sungai namun langsung dialirkan dari sumber mata air.

Ketiga air terjun yang terdapat di lokasi wisata Air Terjun Kampung Anyar memiliki letak yang berdekatan dan satu lokasi tentunya. Sesuai namanya Air Terjun Kampung Anyar lokasi wisata ini terletak di daerah Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Di air terjun ini kamu bisa melepaskan segala rasa lelah kamu saat dijalanan. Kamu bisa berenang atau hanya sekedar ingin merendam badan saja untuk melepaskan otot-otot yang terasa tegang dan syaraf yang kaku yang kamu rasakan saat dijalanan.

BACA JUGA > 10 Tips Membuat Artikel Di Blog Yang Menarik Untuk Dibaca

  1. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah, lokasi pulau merah banyuwangi, sejarah pulau merah banyuwangi
foto: pegpegi.com

Selain mengunjung destinasi wisata yang berada di sekitar Kawah Ijen, masih banyak sekali destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi saat kamu berada di Kabupaten Banyuwangi ini. Wisata Pantai Pulau Merah salah satunya.

Wisata pegunungan atau pendakian mungkin kurang cocok bagi kamu, mungkin wisata keindahan pantai patut kamu coba. Wisata Pantai Pulau Merah selalu menjadi tujuan destinasi wisata pantai yang begitu ramai dikunjungi oleh banyak keluarga saat musim liburan.

Tidak salah, karena keindahan Pantai Pulau Merah begitu sangat memanjakan mata dengan pemandangannya yang begitu terkesan eksotis. Dihiasi juga dengan nuansa pemandangan alam yang begitu sangat cantik, lalu ditambah nuansa alam yang berwarna hijau yang begitu terlihat asri.

Tidak lupa dengan pasir pantainya yang terlihat cukup bersih sehingga tidak hanya enak untuk kaki kamu menginjaknya tetapi enak juga untuk kamu melihatnya. Saat air di pantai ini tidak begitu tinggi, kamu dapat mengunjungi sebuah bukit yang jaraknya tidak cukup jauh dari pinggiran pantai yang memiliki corak merah pada tanahnya. Namun bukit ini tidak dapat terlihat jelas karena tertutup oleh pepohonan dan semak hijau.

Tetapi kamu masih dapat melihat sedikit semburat merah apabila senja akan tiba. Selain dari bukit itu lokasi Pantai Pulau Merah yang terletak di daerah Kecamatan Pesanggaran. Juga memiliki sebuah pura Hindu yang bernama Pura Tawang Alun. Oleh umat Hindu yang bertempat tinggal di lokasi sekitar Pantai Pulau Merah ini kerap menggunakan pura sebagai tempat untuk melakukan ritual pada momen momen tertentu.

Jangan risau jika kamu masih ingin berlama-lama menikmati keindahan Pantai Pulau Merah. Karena, di sini sudah tersedia banyak sekali penginapan yang bisa kamu kunjungi untuk mengistirahatkan badan sejenak sebelum menikmati keindahan Pantai Pulau Merah kembali.

Banyak sekali kegiatan yang tentu kamu dapat lakukan di Pantai Pulau Merah ini tidak hanya sekedar melihat keindahan pantainya saja. Kamu dapat melakukan berbagai kegiatan di pantai ini seperti berselancar jika kamu pandai melakukannya.

Untuk pemula sekalipun yang ingin belajar berselancara kamu dapat mencobanya. Pantai yang memiliki panjang 3 km ini sangat cocok untuk seseorang belajar berselancar. Karena, intensitas ombaknya yang terkadang cukup rendah. Tetapi kamu harus tetap waspada ya dan jangan lupa untuk mementingkan perihal keselamatan dan aturan yang ada ya.

  1. Wisata Pantai Teluk Hijau

pantai teluk hijau banyuwangi, teluk ijo dan pulau merah
foto: nativeindonesia.com

Destinasi Wisata Pantai di Kabupaten Banyuwangi tidak hanya Pantai Pulau Merah saja. Terdapat juga banyak wisata pantai lainnya. Salah satunya ialah wisata Pantai Teluk Hijau yang juga memiliki sebutan lain Green Bay Banyuwangi.

Untuk kamu yang belum pernah mengunjungi pantai yang satu ini. Mungkin akan merasakan pesona keindahan Pantai Teluk Hijau ini karena melihat air pantai ini yang memiliki air yang begitu jernih dengan warna kehijauan.

Pantai Teluk Hijau dilengkapi oleh pemandangan pasir yang berwarna putih serta lembut dan terdapat disekeliling pantainya hutan yang tropis. Pantai ini juga termasuk ke dalam Taman Nasional Meru Betiri.

Wisata pantai ini tentu kamu tidak hanya dapat memandangnya, dengan airnya yang cukup jernih. Kamu dapat melakukan berbagai kegiatan yang mengasyikkan seperti membuat rumah pasir, memancing ikan, snorkeling di pantainya, dan juga berenang.

Di kawasan Wisata Pantai Teluk Hijau juga terdapat sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Bidadari. Air Terjun Bidadari yang satu ini juga memiliki sebuah kisah yang menarik. Konon air terjun yang memiliki tinggi berkisar 8 meter ini adalah tempat para bidadari mandi pada waktu-waktu tertentu.

  1. Wisata Pantai Watu Dodol Banyuwangi

watu dodol banyuwangi, tiket masuk pantai watu dodol banyuwangi
foto: pusakapusaka.com

Pantai ini memiliki nama yang cukup menarik, seperti salah satu nama makanan khas Indonesia yakni Dodol. Serta dalam bahasan Indonesia juga Pantai Watu Dodol memiliki arti yang lain yaitu Batu Dodol. Tidak sulit untuk menemukan lokasi pantai yang satu ini.

Untuk kamu yang berasal dari Kota Jember dan sekitarnya dan sedang melakukan perjalanan menuju Pelabuhan Ketapang. Letak Pantai Wisata Watu Dodol Banyuwangi ini memiliki ciri khas sebuah bongkahan batu besar yang terdapat di tengah jalan, juga disertai patung penari khas Banyuwangi atau namanya patung Gandrung.

Letak tepatnya Wisata Pantai Watu Dodol ini berada di poros Banyuwangi, Situbondo. Berjarak hanya 2 KM dari lokasi Pelabuhan Ketapang. Dari pantai ini kamu dapat melihat pemandangan banyak kapal ferry yang berlalu-lalang antar Pelabuhan Banyuwangi dan Pelabunga Ketapang.

Untuk kamu yang doyan melakukan wisata kuliner. Kamu juga dapat mencicipi berbagai kuliner yang berada pada sekitar wilayah Pantai Watu Dodol ini.

  1. Wisata Pantai Rajegwesi Banyuwangi

pantai rajegwesi, misteri pantai rajegwesi, tiket masuk pantai rajegwesi
foto: wisatajatim.com

Pantai yang berlokasi di sebuah Desa Sarongan di Kecamatan Pesanggaran ini menjadi sebuah pantai yang tidak hanya layak untuk dikunjungi oleh kamu, namun pantai yang satu ini juga memiliki sebuah history sejarah yang menarik untuk menambah wawasan pengetahuan kamu.

Memang pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan saat musim liburan tiba, yang berarti pantai ini memiliki sebuah keseruan untuk sebagian orang yang sering mengunjunginya. Di Pantai Rajegwesi ini anda tidak hanya akan menghilangkan penat di kepala anda. Tetapi anda juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan sejarah anda saat berkunjungi ke pantai ini.

Di Pantai ini anda dapat melihat sebuah bunker sisa masa kejayaan bangsa Jepang sewaktu masa penjajahan dahulu.

Hal yang menarik dari pantai ini selain sejarahnya ialah pantai ini memiliki sebuah ciri khas yakni pasir pantainya yang memiliki warna kecoklatan dan begitu lembut. Hal ini disebabkan disaat banjir air sungai yang membawa endapan lumpur lalu bercampur dengan pasir pantai.

Kamu juga bisa melihat sisi bagian timur dari pantai ini yang terdapat sebuah lapangan yang dikhususkan untuk tempat para penyu bertelur.

  1. Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi

Pantai Plengkung, deskripsi pantai plengkung, gambar pantai plengkung
foto: Banyuwangibagus.com

Wisata pantai yang lain di Kabupaten Banyuwangi adalah Pantai Plengkung Banyuwangi. Pantai ini memiliki sebutan nama lain yang cukup keren yaitu G-Land. Pantai ini lebih dikenal karena intensitas ombaknya yang cukup tinggi dan menggulung-gulung.

Hal tersebut menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang hobi untuk berselancar. Bahkan selain wisatawan dari berbagai daerah di dalam negeri, wisatawan dari luar negeri atau dari negara lain merelakan untuk datang ke pantai ini untuk melakukan surfing.

Pantai ini memiliki sebuah julukan Giant Waves Wonder. Karena ombak di pantai ini berbentuk tujuh gulungan besar yang tingginya bisa mencapai 6 meter. Ombak di pantai Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi ini digadang-gadang menjadai ombak terbaik kedua di dunia setelah ombak di Hawaii.

Pantai Plengkung ini memiliki momen waktu tertentu agar kamu bisa menikmati serunya berselancara di pantai ini. Momen berselancar tersebut biasanya terjadi sekitar bulan juli-september, namun ombak di pantai ini tetap bagus kok sepanjang tahunnya.

Kamupun bisa menyewa peralatan selancara di sekitar pantai ini, jadi untuk kamu yang tidak membawa peralatan untuk berselancar kamu tidak usah khawatir.

Tidak semua orang menyukai atau bisa dalam berselancar. Tenang kamu masih bisa menikmati suasana yang begitu tenang serta jauh dari keramaian di pantai ini ditemani juga dengan hembusan angin pantai yang akan membuat tubuhmu semakin nyaman.

Setelah menikmati keindahan di pantai ini kamu juga dapat mengunjungi hutan tropis yang berada di sekitar pantai ini. Di hutan tersebut kamu bisa melakukan kegiatan trekking lalu melihat air terjun yang terdapat di dalam hutan.

  1. Taman Nasional Baluran

pantai wedi ireng, deskripsi pantai wedi ireng, wisata banyuwangi
foto: banyuwangibagus.com

Kamu tahu tidak ? Di Indonesia ada tempat wisata ala ala padang savana seperti di Afrika, lho. Di Taman Nasional Baluran ini kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan yang berbeda dari banyaknya destinasi wisata di Indonesia.

Di Taman Nasional Baluran Banyuwangi ini kamu akan disuguhkan wisata berlibur yang epic sekali seperti di Afrika. Saat kamu berada di Taman Nasional Baluran ini kamu akan merasakan liburan di alam terbuka bersama berbagai satwa liar yang berada di sini.

Satwa liar yang berada di Taman Nasional Baluran ini ada berbagai macam satwa. Seperti burung merak, rusa, kerbau, ular, banteng, monyet berekor panjang dan beragam jenis satwa liar yang lainnya yang tentunya dapat dengan bebas kamu jumpai di Taman Nasional Baluran ini.

Taman Nasional Baluran ini kerap dijuluki sebagai Little Africa van Java. Dengan memiliki luas sebesar 25 ribu hektar ini, ada berbagai daerah yang bisa kamu kunjungi di dalamnya. Kamu juga dapat menikmati pemandangan Hutan Evergreen yang begitu lebat disertai pepohonan yang rindang, juga Padang Savana Bekol yang terbentang cukup luas lalu dihiasi pemandangan Gunung Baluran tepat di belakangnya.

Ada pula Pantai Bama yang memiliki keindahan nuansa bawah laut yang tentu saja kamu bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling di pantai ini. Selain itu ada juga Hutan Payau dan Hutan Mangrove yang berada di bagian utara, tenggara, dan timur objek wisata di Banyuwangi ini.

Lokasi tepatnya, Taman Nasional Baluran ini berada pada daerah Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, daerah Jawa Timur.

Jam Operasionalnya yaitu pukul : Setiap Hari jam 07:30 – 16:00

Harga tiket masuknya untuk hari biasa (senin-jum’at) adalah Rp 15.000,- dan untuk akhir pekan (weekend) adalah Rp 17.500,-

  1. Wisata Jawatan Benculuk

JAWATAN BENCULUK, sejarah jawatan benculuk
foto: instagram @indonesianpals

Nama tempat wisata ini mungkin terdengar cukup aneh di teling kamu. Tapi, bukan berarti tempat wisata ini juga aneh, ya. Mungkin diantara kamu pernah menonton serial film Lord of the Rings.

Lalu kamu sangat suka dengan hutan yang berada di film tersebut ? Kalau ya, kamu harus sekali mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Sebenarnya tempat wisata yang satu ini tadinya tidak akan dijadikan destinasi wisata, melainkan hanya untuk sumber resapan air saja. Nah setelah menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Banyuwangi.

Tempat wisata ini juga memiliki spot lokasi yang cukup bagus untuk kamu yang Instagrammable banget. Jadi jangan sampai lupa untuk kamu mempersiapkan alat-alat untuk pengambilan gambar kamu ya !!!

Enaknya di lokasi wisata ini kamu juga yang menyukai jenis aktivitas yang memacu adrenalin. Kamu dapat memacu adrenalin kamu dengan mencoba wahana arung jeram di lokasi ini. Selain arung jeram kamu juga bisa untuk bersantai sambil memancing ikan di lokasi ini.

Lokasi wisata Jawatan Benculuk ini ada di daerah Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

Jam Operasionalnya setiap hari pada jam 07:30 – 18:00

Menariknya untuk harga tiket masuknya sebesar GRATIS, Lho …

  1. Air Terjun Lider

air terjun lider
foto: air-terjun-lirder.business.site

Membahas lagi wisata air terjun rasanya kurang lengkap kalau tidak memasukkan destinasi wisata air terjun yang satu ini. Air Terjun Lider merupakan destinasi wisata yang ada di Banyuwangi. Air Terjun Lider disebut juga sebagai wisata air terjun tertinggi di Banyuwangi. Dengan ketinggian mencapai 60 meter, Air Terjun Lider ada pada kawasan lereng gunung.

Air Terjun Lider sangat cocok untuk kamu yang ingin menyegarkan badan kamu dan menikmati pemandangan air yang indah. Selain itu kamu juga kalau beruntung bisa melihat pemandangan pelangi yang tercipta karena percikan air yang terpantulkan oleh cahaya matahari.

Lokasi Wisata Air Terjun Lider ini ada di daerah Lider, Sumberarum, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur.

  1. Wisata Pantai Wedi Ireng

pantai wedi ireng, deskripsi pantai wedi ireng, wisata banyuwangi
foto: banyuwangibagus.com

Nama wisata pantai yang satu ini dalam bahasa jawa memiliki arti pasir hitam. Wisata pantai yang satu ini memiliki keunikan terdapatnya pasir hitam yang ada dibalik lapisan bagian bawah pasir putihnya. Memiliki arah jalur yang sama dengan destinasi wisata Pantai Pulau Merah. Biasanya wisata pantai selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawannya. Namun pantai yang satu ini terbilang lebih sepi yang mengunjunginya.

Eitss tunggu dulu, sepinya Pantai Wedi Ireng ini bukan karena pemandangannya yang kurang bagus. Hanya saja jalur menuju lokasi ini terbilang cukup sulit. Dibaginya menjadi 2 daerah pada wisata Pantai Wedi Ireng ini. Menjadi bagian sisi barat dan sisi timur. Dikarenakan daerah bagian barat pantai memiliki ciri ombak yang besar dan tinggi. Karena hal ini sangat tidak dianjurkan untuk kamu bermain air di bagian sisi barat pantai ini.

Nah untuk bagia sebelah timurnya kamu masih bisa untuk mengunjunginya. Misalnya untuk sekedar berjalan-jalan di sisi pantai sambil menikmati hembusan angin pantai yang sejuk dan pemandangan laut yang mempesona. Karena bagian sisi timur ini memiliki ombak yang agak tenang dibandingkan sisi bagian barat pantai ini. Kamu juga jangan lupa untuk bergaya agar bisa berfoto-foto di sisi pantai ini, serta topi untuk melindungi kepala kamu apabila cuaca cukup panas.

Lokasi pantai ini ada di Jalan Pancer, Dusun Tegalwero, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasionalnya setiap hari selama 24 jam.

Harga tiket masuknya cukup murah, yakni sebesar Rp 5.000,- saja.

  1. Wisata Pantai Sukamade

Pantai Sukamade, sukamade tour, akses ke pantai sukamade
foto: agentwisatabromo.com

Siapa disini yang suka penyu ? Siapa yang pernah ke bali ? Kedua pertanyaan tersebut sangat berhubungan sekali dengan tempat wisata ini. Kamu yang sekali melihat proses penyu bertelur di Bali. Sekarang kamu tidak usah jauh-jauh lagi untuk melihat hal tersebut. Pasalnya saat ini kamu juga yang tinggal di Banyuwangi bisa melihat hal tersebut tanpa harus jauh-jauh ke Bali. Di Banyuwangi tepatnya di Pantai Sukamade terdapat sebuah tempat sebagai pusat konservasi penyu.

Tidak jauh juga soalnya tempat wisata yang satu ini letaknya masih dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri. Nah kamu bisa melihat bagaimana lucunya saat proses pelepasan tukik ( pelepasan anak penyu ) ke laut, dan tidak hanya itu kamu juga bisa melihat proses bagaimana penyu bertelur. Kalau kamu suka yang lebih menantang kamu juga bisa melihat menggunakan perahu bagaimana penyu bermunculan dari laut lalu naik ke daratan untuk bertelur.

Disaat penyu akan bertelur biasanya proses ini akan terjadi pada malam hari sekitar pukul 19:30, dan prosesnya akan berakhir pada pukul 24:00 saat penyu kembali lagi ke lautan. Satu hal yang perlu kamu ingat dan perhatikan ya, saat kamu ingin melihat proses ini jangan sesekali kamu membawa benda yang dapat mengeluarkan cahaya cukup besar seperti senter, dan lain lain. Hal ini akan membuat penyu merasa ketakutan.

Wisata Pantai Sukamade berlokasi di Desa Sarongan, Taman Nasional Meru Betiri, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Waktu Jam Operasionalnya yaitu : Setiap Hari, pukul 06:00 – 24:00

Harga Tiket Masuknya Rp 27.500,-

  1. Wahana Menantang X-Badeng Adventure

X Badeng Adventure, paket rafting banyuwangi

Mungkin untuk kamu yang merasa bosen dengan susana liburan yang kurang menantang terdengar membosankan. Mungkin destinasi wisata liburan yang satu ini cocok untuk kamu yang berjiwa pemberani dan memiliki adrenaline tinggi. Arung Jeram ? Mungkin kamu pernah mendengar atau mencoba jenis olahraga ekstrim yang satu ini. Dimana nanti kamu akan dihadapkan dengan berbagai rintangan arus sungai dengan bermodalkan pelampung dan ban sebagai kendaraan kamu.

Di Wisata X-Badeng Adventure Banyuwangi kamu bisa mencoba untuk bermain wisata meantang dan seru ini. Kamu bisa menuju ke lokasi ini dengan berbagai kendaraan karena aksesnya cukup mudah untuk dicapai. Kamu bisa ke sini dengan kendaraan seperti motor ataupun mobil bahkan bisa juga dengan kendaraan umum. Kamu hanya perlu mengikuti rutenya yaitu jika kamu dari arah Banyuwangi Kota, dari pertigaan kantor pos rogojampi kamu diwajibkan naik angkot untuk menuju ke Songgon,

setelah di pasar Songgon kamu turun lalu kamu bisa naik ojek pangkalan di sana. Nanti setelah sampai di sana kamu akan bertemu dengan pengelola wahananya. Selanjutnya kamu akan ditawarkan beberapa pilihan jalur yang bisa kamu coba, namun saran sara kamu yang pemula atau belum pernah sebelumnya mencoba wahana Arum Jeram maka kamu pilih saja jalur yang tidak terlalu jauh.

Saat di perjalanan menuju jalur yang kamu pilih kamu mungkin akan disuguhkan oleh pemandangan yang begitu indah. Melihat indahnya hutan pinus yang warna menghijau lalu kamu juga akan disuguhkan dengan udaranya yang sangat segar dan sejuk sehingga perjalananmu akan terasa begitu menyenangkan.

BACA JUGA > 10 Tips Membuat Artikel Di Blog Yang Menarik Untuk Dibaca

  1. Wisata Padang Rumput Sadengan

Padang Rumput Sadengan
foto: gotravelly-com

Beda dari yang lain tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang merupakan seorang pecinta alam di Banyuwangi. Di tempat wisata ini kamu akan disuguhkan pemandangan yang terlihat nature banget atau asri banget dan alami dari padang rumput Sadengan. Kalau dilihat secara kasar tampilan tempat wisata yang satu ini mirip dengan padang savana di Afrika. Di taman wisata ini cocok sekali untuk kamu yang ingin mengajak sanak keluarga untuk berlibur bersama.

Nanti di tempat wisata Padang Rumput Sadengan ini kamu akan melihat banyak binatang seperti kijang, rusa, banteng, babi hutan, bahkan hingga macan tutul kamu juga dapat melihatnya di sini. Namun kawanan satwa ini mempunyai waktu tertentu untuk keluar dari persembunyiaannya. Untuk kamu yang ingin sekali melihat sosok fauna bertanduk yaitu banteng jawa yang sedang merumput disarankan untuk kamu berangkat pagi atau saat menjelang sore hari.

Selain beberapa hewan di atas kamu juga dapat melihat jenis-jenis fauna yang lainnya seperti elang jawa, elang ular bido, elang ikan kepala kelabu, ayam hutan merah dan berbagai jenis satwa lainnya. Destinas wisata Padang Rumput Sadengan ini berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo di Semenangjung Blambangan di Kabupaten Banyuwangi. Atau jika dari pintu masuk Pos Rawa Bendo Taman Nasional Alas Purwo, hanya berjarak 2 km saja.

Tempat wisata ini sengaja dipilih sebagai lokasi untuk pengelolaan serta sebagai habitat untuk para satwa. Disarankan untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan Banteng yang terkenal di tempat wisata ini, untuk datang pada pagi hari sekitar pukul 06:00 WIB – 09:00 WIB atau kamu juga bisa datang pada sore hari pukul 15:30 – 17:00 WWIB.

  1. Wisata Pantai Bangsring Banyuwangi

Pantai Bangsring Banyuwangi, bangsring beach kabupaten banyuwangi
foto: topijelajah.com

Karena wisata bernuansa pantai banyak digemari di Indonesia. Adalagi nih destinasi wisata pantai di Banyuwangi yang keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai yang lain. Pantai Bangsring namanya yang terkenal dengan keindahan terumbu karang di dalamnya. Keindahan terumbu karang di pantai ini sudah sangat terkenal di Banyuwangi. Banyak sekali yang mengunjungi destinasi wisata ke pantai Bangsring ini untuk menikmati keindahan terumbu karang yang ada di dalam laut.

Selain keindahan terumbu karangnya untuk para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini juga dapat menikmati keindahan dasar laut pantai Bangsring saat menyelam ke dalamnya. Kamu yang menyukai snorkling untuk menikmati keindahan dasar laut, sangat dianjurkan untuk berlibu ke pantai yang satu ini. Kamu juga saat melakukan snorkling akan disuguhkan dengan keindahan ikan-ikan yang menggemaskan serta keindahan terumbu karang yang begitu mempesona.

Bahkan dari permukaan lautpun para wisatawan dapat melihat dasar laut yang terkesan eksotis dihiasi oleh beragam ikan dan terumbu karang yang memanjakan mata. Dikarenakan pantai yang satu ini memiliki kedalaman yang tidak terlalu dalam hanya berkisar 2 meter saja. Dikatakan juga oleh sebagian orang Pantai Bangsring di Banyuwangi ini merupakan tempat terbaik bagi kamu yang menyukai pemandangan indah pantai dan keseruan saat melakukan snorkling.

Di pantai ini pun anginnya cukup dingin sehingga akan memberikan sensasi yang cukup sejuk untuk kamu nikmati saat berjemur di pantai ini. Sesuai nama pantainya “Bangsring”. Lokasi pantai ini berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Kalau kamu yang tinggal di pusat kota Banyuwangi jarak menuju pantai ini sekitar -+ 20 km saja.

  1. Pantai Cacalan Banyuwangi

pantai cacalan banyuwangi, tiket masuk pantai cacalan banyuwangi, lokasi pantai cacalan
foto: banyuwangitransijen.com

Dengan nama yang terkesan sedikit lucu. Pantai Cacalan tidak kalah dari segi keindahannya dari pantai-pantai yang lain. Pantai cacalan sangat cocok bagi kamu dan keluarga yang akan berlibur dengan nuansa santai di Pantai yang indah. Pantai yang sejuk dan dilengkapi oleh pasir hitam yang membentang luas mengikuti pinggiran pantai ini, dapat kamu jadikan ajang keseruan berlarian di pinggir pantai sambil menikmati pantai yang indah ini.

Di pantai Cacalan ini juga kamu bisa menikmati pemandangan Pantai berpanorama Selat Bali. Selain dari pada itu di pantai Cacalan ini kamu diperbolehkan untuk melakukan aktivitas seperti memancing dan bermain di pantai ini. Yang cukup menarik perhatian para wisatawan di pantai ini ialah nuansa pinggiran pantai Cacalan yang berbeda dari pantai biasanya.

Di pantai cacalan kamu akan menikmati keindahan pemandangan pinggiran pantai yang banyak dengan pohon kelapa yang berbaris rapi menghiasi pinggiran tepi pantai. Kenapa sangat di anjurkan bagi kamu dan keluarga untuk berlibur di pantai ini. Karena, ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Sehingga bisa memanjakan keluarga kamu untuk berlama-lama bermain di pinggiran pantai ini.

Serta untuk kamu yang sudah berkeluarga, bisa bermain air dengan anak-anak kamu di pinggiran pantai ini.

  1. Pantai Pancer Banyuwangi

Pantai Pancer Banyuwangi, pantai pancer kabupaten banyuwangi, jawa timur
foto: tabloidwisata.com

Masih membahas seputar destinasi libura pantai. Kali ini pantai Pancer dengan keindahan sederhananya cocok bagi kamu yang ingin berlibur dengan keluarga tercinta dengan sederhana. Pantai Pancer ini selain kamu bisa menikmati keindahan pantainya. Kamu juga bisa membeli ikan dari para penjual ikan di pantai ini. Di pantai ini kamu bisa melihat orang yang sedang melakukan pelelangan ikan, lho.

Di pantai Pancer ini juga kamu bisa menikmati keindahan pemandangan saat matahari terbenam yang mempesona mata. Kami juga punya saran untuk kamu benar-benar ingin menikmati keindahan di pantai ini. Yaitu pada saat matahari akan terbenam kamu bisa bersantai dipinggiran pantai ini, ditemani makanan kesukaan kamu, serta sambil menikmati suara dentuman ombak sambil menunggu keindahan pemandangan matahari terbenam.

Cukup sederhana bukan? untuk menikmati pemandangan di pantai ini? Yuk berlibur tapi jangan di waktu yang tidak tepat seperti sekarang ini ya.

  1. Wisata Pantai Muncar Banyuwangi

Pantai Muncar Banyuwangi, wisata banyuwangi, pantai muncar gunung kidul
foto: pegipegi.com

Satu lagi destinasi wisata pantai yang ingin saya sebutkan yaitu Pantai Muncar di Banyuwangi. Bukan pantai biasa pantai yang satu ini juga merupakan sebagai pelabuhan paling besar kedua setelah pelabuhan Bagan Siapi-api. Destinasi wisata di tempat ini yang bisa kamu nikmati ialah kamu bisa menikmati pemandangan para nelayan yang sedang beraktivitas setiap hari di pelabuhan.

Kamu dapat melihat berbsgai jenis perahu para nelayan di sini. Mulai dari perahu bernuansa tradisional sampai bernuansa modern yang dilengkapi dengan pernak-pernik hiasan pada kapal yang menarik. Untuk kamu yang ingin menuju ke lokasi ini, sangatlah mudah. Untuk menuju ke pantai ini kamu bisa menaiki kendaraan umum saja.

  1. Wisata Air Terjun Selendang Arum Banyuwangi

Air Terjun Selendang Arum Banyuwangi
foto: asliindonesia.net

Dengan pesona dan pemandangan air terjun yang satu ini, kamu dapat benar-benar memanjakan penglihatan serta pendengaran kamu, lho. Air terjun dengan ketinggian berkisar 20 meter ini, terletak di wilayah Dusun Sumberasih, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Bedanya air terjun Selendang Arum dan air terjun biasanya, ialah Air Terjun Selendang Arum memiliki keunikan pada dinding tebinya yang dialiri air yang begitu eksotis. Pada saat cuaca begitu cerah akan terpancar kilauan dari bebatuan-bebatuan yang cukup licin. Mengapa dinamakan Air Terjun Selendang Arum ?

Hal tersebut dikarenakan bentuk pada bebatuannya yang mirip seperti selendang. Untuk kamu yang ingin berlibur dengan keindahan asri nuansa alam yang dapat memanjakan mata dan telinga kamu, sangat disarankan bagi kamu berlibur ke wisata ini. Ada 2 alternatif jalan untuk kamu menuju ke lokasi ini.

Alternatif pertama, kamu harus terlebih dahulu melewati Kecamatan Rogojampi lalu ke arah Barat untuk menuju Kecamatan Songgon. Selanjutnya kamu harus sampai ke Desa Sragi dengan melewati jalan yang dengan simpangan jika kamu melalui rute dari arah Songgon.

Saat kamu sudah berada pada pertigaan Desa Sragi, tujuan selanjutnya kamu harus menuju ke Desa Sumberarum. Kamu bisa menanyakan arah ke Desa Sumberarum pada orang-orang yang tinggal di dekat sana ya.

Sedangkan untuk alternatif jalan kedua, kamu bisa melewati jalur Desa Gendoh terletak di Kecamatan Sempu. Saat sudah berada di pertigaan Desa tersebut, kamu ambil arah menuju ke Desa Sragi dan melakukan perjalanan lurus terus sampai tiba di Desa Sumber Arum yang jaraknya berkisar 10 km-an.

Bagaimana nih sobat Musicforrain.net ? Apa kamu sudah menentukan pilihan liburan kamu kemana ? Dari banyak pilihan di atas untuk tidak bingung atau untuk mengurangi rasa bingung kamu dalam memilih destinas liburan di atas.

Kamu bisa mencoba trik dari admin. Yaitu sediakan kertas putih dan pulpen/pensil. Kamu tulis tipe liburan yang kamu suka, seperti contoh kamu menulis :

-Keheningan

-Hembusan angin yang segar

-Wisata Air

Setelah kamu tulis, kamu tinggal pilih destinasi wisata di atas yang mana yang sepertinya cocok dengan tipe liburan kamu.

Sedikit saran dari admin, untuk saat ini disaat wabah virus covid-19 sedang berlangsung disarankan untuk tidak banyak keluar rumah ataupun berkerumun dengan kebanyakan orang, kecuali jika akan melakukan kegiatan yang benar-benar penting.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *